Home » Uncategorized » 7 Fakta Kesehatan Teh

7 Fakta Kesehatan Teh

‘Teh” mungkin sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Secangkir teh hangat ditemani cemilan atau gorengan merupakan hidangan ternikmat yang dapat dirasakan di pagi hari. Ya, teh seakan sudah menyatu dalam setiap rutinitas yang kita jalankan atau kerjakan. Artikel berikut ini dipersembahkan oleh tajusa-drumband.com tempat jual alat marching band yogyakarta barang berkualitas harga tetap bersahabat.

Image result for teh

Disamping menghangatkan, teh ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi kehatan tubuh manusia. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh tersebut? Sahabat, tips kesehatan. Di zaman modern sekarang ini, teh menjelma menjadi minuman idola di semua jenjang umur. Ini dapat dibuktikan yaitu banyak sekali minuman kemasan yang menjadikan teh sebagai bahan utamanya. Rutin mengkonsumsi minuman berbahan dasar teh merupakan salah satu gaya hidup sehat yang sangat di anjurkan. Berikut ini, 7 manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh anda. :

  1. Penangkal Kanker Yang Efektif. Teh mengandung antioksidan yang memiliki manfaat untuk menangkal berbagai radikan bebas penyebab kanker. Antioksidan dalam teh juga bermanfaat untuk menghambat proses penuaan pada kulit.
  2. Penangkal Serangan Jantung dan Stroke. Rutin mengkonsumsi teh dapat menyehatkan arteri dan menghilangkan berbagai plak yang menempel pada arteri. Teh juga dapat mencegah pembekuan pada darah.
  3. Baik Untuk Kesehatan Tulang. Sebuah studi mengungkapkan, minum teh rutin selama 10 atau lebih dapat meningkatkan kesehatan tulang serta memperkuat massa tulang anda.
  4. Sehatkan Gigi Anda. Teh mengandung fluoride dan tanin yang bermanfaat untuk mengurangi timbunan plak pada gigi serta menguatkan gigi agar tidak mudah keropos.
  5. Membantu Program Penurunan Berat Badan. Rutni minum teh dapat meningkatkan sistem kerja metabolisme dalam tubuh. Sehingga pembakaran kalori dalam tubuh juga akan mengalami peningkatan secara signifikan.
  6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh. Kandungan antioksidan dalam teh tidak hanya untuk menangkal kanker, tapi juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Sehinga  tubuh tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit baik yang ringan maupun yang membahayakan.
  7. Aman Bagi Tubuh Anda. Teh merupakan salah satu minuman yang tidak mengandung kalori serta mampu mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga resiko kekurangan cairan tubuh dapat di hilangkan dengan minum teh lebih sering.

Teh memang punya banyak khasiat, tapi salah memadukannya bisa-bisa malah Anda tak dapat manfaatnya. Mengetahui beberapa fakta tentang teh berikut bisa membantu Anda memperoleh manfaat terbaik dari minuman ini.

Pertama, faktanya minum teh bisa mencegah penyerapan zat besi yang berasal dari tumbuhan. Ya, zat besi tak hanya bisa diperoleh melalui sumber-sumber hewani seperti daging ayam atau daging sapi, tapi juga dari tumbuhan. Kacang-kacangan, sayuran seperti bayam dan kangkung adalah beberapa sumber zat besi nabati. Nah, kedua macam zat besi tersebut memiliki perbedaan struktur dan keterserapannya dalam tubuh. Singkatnya, polifenol dalam teh dapat mengurangi tingkat keterserapan zat besi yang berasal dari sumber nabati.

Kalau Anda adalah penggemar kangkung, ketika memesan Cah Kangkung untuk makan siang, hindari es teh sebagai minuman pendampingnya. Ada tip yang lebih menguntungkan dari sebuah kajian berjudul iron Absorption in Young Indian Women: the Interaction of Iron Status with the Influence of tea and Ascorbic Acid yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition. Sebaiknya, pilih jus jeruk sebagai minumannya. Vitamin C di dalamnya bisa membantu menyerap zat besi dari sayuran Anda dengan lebih optimal.

Fakta kedua, Anda bisa mengurangi manfaat teh jika mencampurnya dengan susu. Jika teh tarik adalah salah satu minuman favorit Anda, tak masalah kalau soal rasa adalah pertimbangannya. Perpaduan keduanya memang menghasilkan cita rasa yang unik dan tetap aman dikonsumsi, tapi sebenarnya, ini tak bagus kalau Anda ingin mengambil manfaat antioksidan teh. Temuan ini dipublikasikan dalam tulisan Milk ß-lactoglobulin Complexes with Tea Polyphenols dalam jurnal Food Chemistry. Prinsipnya, protein dalam susu akan berikatan dengan antioksidan dalam teh sehingga menyebabkan berkurangnya penyerapan antioksidan.

Segala hal memang punya dua sisi, dan memanfaatkan sisi baik dari beberapa hal bisa menjadi ‘kerja tim’ yang baik untuk hasil optimal. Selamat minum teh!