Home » Interior » Apa Itu Batu Batu Bata Merah?

Apa Itu Batu Batu Bata Merah?

Apa itu batu bata merah? batu bata merah itu adalah material dalam membangun rumah atau bangunan lainnya dan sebagai bahan dasar untuk membuat tembok rumah, Batu bat merah sendiri terbuat dari tanah liat yang cetak dan dibakar, sehingga tidak mudah hancur bila direndam

Ukuran dari batu bata merah itu sendiri biasanya Panjang 240mm, Lebar 115mm dan Tebal 52mm atau Panjang 230mm, Lebar 110mm dan Tebal 50mm. kalau beratnya sendiri untuk 1 buah batang itu berkisar sekitar 3 kg Tapi ini tergantung dari daerah pembuatannya karena beratnya kami berbeda-beda.

Untuk membuat sebuah dinding dengan bahan utama batu bata biasanya diperlukan juga semen dan pasir sebagai perekat antara batu bata merah satu dengan yang lain, jadi misalnya untuk dinding kedap air itu diperlukan campurannya misalnya satu banding dua atau satu banding tiga maksudnya itu 1 takaran untuk semen dan 2/3  untuk takaran pasir. beda dengan pemasangan hebel yang memerlukan sebuah semen khusus untuk perekat hebel jadi tidak memerlukan semen biasa dan pasir.

Kelebihan menggunakan batu bata merah ini biasanya orang percaya batu bata merah ini lebih kokoh dan lebih kuat, karena dengan ukuran yang lebih kecil dari pada batu abta lainnya. batu bata merah ini tergolong lebih padat sebagai bahan dasar untuk membuat dinding beda halnya dengan hebel.

Tetapi untuk pemasangannya sendiri biasanya bila menggunakan batu bata merah itu paling sekitar 6 sampai 8 M2, sedangkan untuk hebel biasanya lebih cepat bisa sampai 20 sampai 15 meter dalam sehari.

Dalam membangun rumah, batu bata itu punya peran penting dalam pembangunan rumah ibaratnya bisa dibilang sebagai salah satu bahan yang sangat vital untuk membangun rumah, bayangkan saja seindah apapun rumah yang kita buat bila temboknya tidak kuat maka akan menghancurkan segala jenis keindahan dari rumah tersebut. atau Kalau temboknya ternyata bocor maksudnya tidak menyerap air atau mudah pecah mudah retak maka akan membuat rumah minimalis sekalipun tidak nampak indah.

Selain untuk bahan utama tembok rumah, motif batu bata merah juga menjadi favorite beberapa orang untuk membuat interior ruang yang terkesan lebih natural.