Home » Uncategorized » Bagaimana Cara Efektif Menjual Apartemen di Sekitar Bandara?

Bagaimana Cara Efektif Menjual Apartemen di Sekitar Bandara?

Berencana jual apartemen dekat Bandara Soekarno Hatta? Apartemen termasuk properti yang selama beberapa tahun belakangan diminati masyarakat yang mencari hunian terjangkau atau dijadikan sebagai investasi. Keberadaannya pun meluas dari perkotaan besar sampai ke bandar udara yang notabene sibuk siang dan malam.

Meningkatnya kebutuhan apartemen di sekitar Bandara Soekarno Hatta dapat kalian manfaatkan untuk menjual properti tersebut. Seperti halnya mencari penjual, menemukan pembeli yang tepat juga dapat kalian terapkan dengan beberapa langkah, seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Mengenali konsumen yang jadi target pasar

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengetahui target pasar yang tertarik menempati apartemen dekat bandara. Salah satu konsumen yang paling sering mencari unit apartemen di sana adalah staf bandara—dari petugas di lokasi hingga pilot. Ada pula traveler yang mengandalkan pesawat sebagai salah satu transportasinya dan membutuhkan hunian yang jaraknya tidak jauh dari airport. Dengan mengenal jenis target pasar, kalian tidak akan kesulitan mempersiapkan kebutuhan lain yang akan dipaparkan pada poin-poin selanjutnya.

  • Menentukan harga yang bersaing di pasaran

Dalam jual-beli, harga menjadi topik sensitif yang harus kalian pertimbangkan baik-baik. Harga jual yang terlalu mahal maupun murah sama-sama menyulitkan kalian dalam menjaring calon pembeli yang kelak berdatangan. Jika ini kali pertama kalian menjual unit apartemen, sebaiknya minta bantuan orang-orang yang lebih berpengalaman dalam menentukan harga objektif hunian tersebut. Langkah ini dinilai lebih aman, karena menjamin apartemen kalian mampu bersaing di pasaran, sekaligus memudahkan pangsa pasar menemukan kalian.

  • Menggunakan strategi promosi yang tepat

Langkah berikutnya yang akan memudahkan proses jual apartemen dekat Bandara Soekarno Hatta adalah menerapkan strategi promosi yang sesuai. Di zaman teknologi serba canggih seperti sekarang, kalian tidak harus menggelontorkan modal besar untuk promosi, karena dunia maya dapat dijadikan tempat ‘berdagang’ yang efisien. Kalian dapat memasang iklan di website jual-beli, media sosial, atau forum khusus jual-beli. Namun, kalau kalian punya modal cukup, cara offline seperti menyebarkan brosur hingga promosi di pameran masih terbilang ampuh untuk mendapatkan pembeli.

  • Kerja sama dengan perusahaan terpercaya

Langkah berikutnya yang akan membantu penjualan apartemen kalian adalah bekerjasama dengan perusahaan ternama nan terpercaya. Bentuk mitra ini biasanya harus melalui kesepakatan yang akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak. Pilihlah perusahaan yang memiliki jaringan luas dengan media atau lembaga tertentu, sebab faktor ini akan mempengaruhi exposure iklan. Di sisi lain, kalian juga harus mempersiapkan diri dengan hal-hal yang akan memberikan manfaat kepada perusahaan yang bersangkutan berdasarkan kontrak.

  • Rawat hubungan baik dengan konsumen/pembeli

Komunikasi yang baik dengan konsumen sebaiknya tetap dijaga—baik saat unit apartemen kalian sukses terjual maupun tidak. Apalagi bila konsumen tersebut memiliki reputasi yang bagus. Bukan tidak mungkin kalian memperoleh informasi berharga dari mereka. Misalnya, rekomendasi apartemen di sekitar bandara lain yang sudah lama kalian incar. Begitu selesai menjual apartemen dengan harga baik dan mengurus kepindahan kepemilikan, kalian bisa langsung menangani unit apartemen baru dengan kualitas yang tak kalah baik berkat rekomendasi konsumen tersebut. Sama-sama dipuaskan, bukan?

Satu hal penting lain yang patut kalian siapkan sebelum menjual apartemen adalah membersihkan unit dan memeriksa furnitur yang akan tetap ditinggalkan di sana. Dengan begitu, kalian tak akan kesulitan jual apartemen dekat Bandara Soekarno Hatta.