Home » Hal Wajib Yang Harus Disediakan Menghias Nasi Tumpeng

Hal Wajib Yang Harus Disediakan Menghias Nasi Tumpeng

Hasil gambar untuk nasi tumpeng lauk lengkap

Cara menghias nasi tumpeng ini bisa Anda praktekan dengan mudah tanpa harus menguasai teknik bermasak yang ekstra tinggi. Untuk menghias nasi tumpeng tidak begitu susah, karena nasi tumpeng merupakan salah satu makanan khas yang ada di Indonesia yang memang sudah sangat terkenal.

Beberapa kali mungkin Anda sudah pernah melihat nasi tumpeng baiku berukuran kecil maupun berukuran besar, nasi tumpeng ini biasanya juga disajikan pada acara seperti acara hajatan dan juga sebuah perayaan, mulai dari acara selametan atau keagamaan, pernikahan dan jika berbagai acara seperti acara ulang tahun.

Beberapa nasi tumpeng yang dibuat biasanya menggunakan bahan dari nasi kuning, nasi putih dan juga nasi uduk yang memang di Indonesia lebih sering digunakan. Beberapa yang sering kita lihat biasanya menggunakan nasi kuning, selain dapat lebih menarik dengan warna yang cerah, rasa dari nasi kuning juga lebih nikmat dan juga lebih khas sekali.

Sajian Mengjias Nasi Tumpeng

Sering kali nasi kuning disajikan di atas tampah dilengkapi dengan lauk pauk yang bervariasi. Untuk penggunaan lauk pauk, sebenarnya tidak ada baku yang digunakan untuk nasi tumpeng baik menggunakan nasi kuning, nasi putih dan juga nasi uduk. Semua tergantung dari selera masing-masing.

Beberapa pilihan lauk untuk menghias nasi tumpeng:

  1. Bisa menggunakan ayam goreng atau ayam bakar
  2. Bisa menggunakan berbagai macam sambal olahan.
  3. Perkedel kentang yang di buat bentuk bulat kecil-kecil
  4. Tahun goreng yang di potong menghias
  5. Tempe goreng yang di potong kecil-kecil
  6. Sayuran lalapan mentimun dan juga daun-daun segar seperti kol atau lainnya.
  7. Potongan toman merah
  8. Potongan wortel yang sudah di rebus.
  9. Kerupuk dan juga telor yang sudah di potong-potong
  10. Dan masih banyak lagi tergantung selera.

Dari beberapa bahan makanan di atas kita sudah bisa menghiasi nasi tumpeng secanting mungkin. Seperti hiasan atau garnish tumpeng tersebut di buat juga dari berbagai macam sayuran dan juga buah-buahan yang dapat di gunakan.

Beberapa bahan sayuran yang bisa dijadikan hiasan tumpeng diantaranya:

  • Selada
  • Sawi
  • Parsley
  • Cabe
  • Lobak
  • Daun seledri
  • Abon sapi
  • Daun bawang
  • Daun pisang

Berikut Cara Menghias Nasi Tumpeng

Dari bahan yang sudah disediakan, maka akan kita mulai untuk membuat hiasa tumpeng dari beberapa macam bahan dan sayuran tersebut. Beberapa alat juga sangat dibutuhkan untuk bisa membuat hiasa nasi tumpeng agar telihat sangat cantik.

Berbagai macam alat yang harus disiapkan merupakan alat yang tidak harus di beli dengan harga yang sangat mahal, karene beberapa alat yang digunakan juga seharusnya sudah tersedia pada dapur kesayangan Anda di rumah.

Beberapa Alat Untuk Cara Menghias Nasi Tumpeng:

  1. Pisau
  2. Cutter
  3. Mould
  4. Lidi

Beberapa alat yang disebutkan diatas merupakan alat yang akan digunakan pada saat cara membuat hiasan tumpeng yang akan membuat nasi tumpeng buatan kita menjadi lebih terlihat cantik. Oleh karena itu Anda harus membuat nasi tumpeng dengan beberapa ciri khas. Bukan hanya sekedar nasi tumpeng yang memang terlihat cantik, kualitas dari rasa masakan yang kita buat juga harus terasa enak, bukan hanya terlihat ada cantik saja.

Dari beberapa nasi tumpeng yang ada di Indonesia, hiasan dari khas nasi tumpeng juga sangat bervariasi yang memang juga sangat luas untuk membuat nasi tumpeng

January 16, 2018petar