Home » Uncategorized » Makanan Sehat untuk Nutrisi Otak

Makanan Sehat untuk Nutrisi Otak

Otak merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebagai pusat sistem syaraf, otak mempunyai fungsi pengaturan sebagian besar organ lainnya pada tubuh. Otak pun berhubungan dengan pemikiran dan kemampuan kognitif. Selain dengan cukup beristirahat, menghindari stress tidak memakan makanan tidak sehat, otak pun membutuhkan asupan nutrisi cukup dari makanan sehari-hari Anda. Nutrisi ini dapat meningkatkan kekuatan otak dan menghindari beragam serangan penyakit. Berikut beberapa makanan sehat untuk nutrisi otak.

17. Makanan Sehat Untuk Nutrisi Otak

  1. Ikan dengan kandungan omega 3

Asam lemak omega 3 khususnya DHA dan EPA berperan penting pada perkembangan otak janin. Penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi omega 3 pada trimester ketiga kehamilannya memiliki peluang melahirkan bayi dengan kecerdasan kognitif lebih baik. DHA juga dipercaya dapat menjaga kekuatan dan kesehatan otak orang dewasa. Sumber omega 3 diantaranya ikan-ikan laut seperti ikan kembung, tuna, salmon, makarel, sarden, dan lain-lain.

  1. Gandum murni

Seperti tubuh, otak juga membutuhkan energi cukup untuk bekerja dengan optimal. Energi ini dialirkan darah menuju otak dengan bentuk glukosa yang didapat dari karbohidrat. Agar asupan terus terjaga, pilih sumber karbohidrat kompleks yang lebih lama diproses tubuh, diantaranya roti gandum utuh, beras merah, dan oatmeal.

Baca juga : tips dan panduan membeli laptop sesuai kebutuhan kamu.

  1. Teh hijau

Teh hijau tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat meningkatkan kekuatan otak. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi teh hijau bisa meningkatkan fungsi kognitif, khususnya kemampuan dalam mengingat.

  1. Air putih

Air putih dibutuhkan oleh setiap organ tubuh untuk bekerja optimal. Sekitar ¬ĺ bagian otak bahkan terdiri dari air. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dapat memperoleh nilai lebih baik pada tes kognitif daripada mereka yang kurang mengonsumsi air. Selain dengan minum air, Anda dapat mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon dan semangka.

  1. Vitamin B

Vitamin B6, B9 (asam folat), B12 diketahui bisa menurunkan kadar homosistein di dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi erat kaitannya dengan peningkatan resiko penurunan kemampuan kognitif, alzheimer, dan stroke. Vitamin B6 diperoleh dari gandum utuh, kacang-kacangan, pisang, atau daging. Asam folat diperoleh dari alpukat, bayam, kol, dan asparagus. Sedangkan vitamin B12 diperoleh dari telur, daging, ikan, dan susu.

Artikel Lain : prediksi piala dunia 2018.