Home » Kesehatan » Penyakit Jantung Reumatik

Penyakit Jantung Reumatik

Penyakit Jantung Reumatik

Penyakit jantung rematik adalah rusaknya permanen dari katup-katup jantung yang dikarenakan oleh demam rematik. Penyakit ini adalah komplikasi yang membahayakan dari demam rematik baca juga

Katup-katup jantung itu rusak karna sistem perjalanan penyakit yang diawali dengan infeksi tenggorokan karena bakteri Streptococcus, yang dapat mengakibatkan demam rematik.

Sekitaran 39% pasien dengan demam rematik akut bisa alami kelainan pada jantung, dari mulai katup jantung yg tidak bisa tutup, tidak berhasil jantung, peradangan kantung di sekitaran jantung, bahkan juga kematian.

Pada pasien dengan penyakit jantung rematik yang kronis, komplikasi bisa berbentuk stenosis katup, yaitu ketakmampuan katup jantung untuk buka lebar serta prima, hingga darah tidak bisa mengalir dengan prima.

Diagnosis

Kontrol sendi untuk ketahui sinyal peradangan serta mengukur suhu badan umumnya juga akan dikerjakan dokter jadi langkah awal. Dokter lalu juga akan mengecek kulit untuk menilainya ruam dibawah kulit serta dengarkan detak jantung untuk mendeteksi irama yang abnormal. Setelah itu, tes pergerakan untuk menilainya ada tidaknya keterlibatan saraf pusat.

Bila perlu, dokter juga akan lakukan kontrol laboratorium untuk mendeteksi kandungan antibodi dari bakteri Strepcococcus, kontrol elektrokardiogram (EKG) atau rekam jantung untuk menilainya peranan jantung, serta ekokardiografi untuk menilainya susunan jantung.

Tanda

Penyakit jantung rematik bisa menyerang banyak system badan, terlebih jantung, sendi, otak, serta jaringan kulit. Sinyal serta tanda akut demam rematik beragam bergantung organ yang ikut serta serta derajat keterlibatannya. Umumnya, beberapa gejala ini berjalan 1-6 minggu sesudah infeksi oleh bakteri Streptococcus.

Tanda klinis dari penyakit jantung rematik dapat berbentuk :

  1. Tanda kardiak

Kelainan pada bunyi jantung.

Tidak berhasil jantung.

Radang pada selaput jantung.

Radang pada jantung yang disebut komplikasi paling serius serta ke-2 paling umum dari demam rematik. Pada beberapa masalah yang selanjutnya, pasien bisa mengeluh sesak napas, dada merasa tidak nyaman, nyeri dada, bengkak, serta batuk.

  1. Tanda nonkardiak

Radang sendi di bagian-bagian badan. Ini adalah tanda umum sekalian tanda awal dari demam rematik. Biasanya, nyeri sendi diawali pada sendi-sendi besar di lutut serta pergelangan kaki, lantas bermigrasi ke sendi-sendi besar beda di badan sisi atas (siku serta pergelangan tangan). Sendi yang terserang juga akan merasa sakit, bengkak, merasa hangat, serta kemerahan dengan pergerakan terbatas. Tanda ini menjangkau puncaknya pada saat 12-24 jam serta bertahan kurun waktu 2-6 hari, dan berespons begitu baik dengan pemberian obat aspirin. Tanda ini lebih gampang keluar apabila pasien seringkali dalam kondisi stres.

Ruam yang ciri khas serta tidak sering diketemukan pada penyakit beda. Karna kekhasannya, sinyal ini dimasukkan dalam tanda yang tidak sering berlangsung. Kondisi ini seringkali diketemukan pada batang badan serta tungkai yang jauh dari badan, tidak melibatkan muka. Ruam semakin terlihat terang apabila ditutup dengan handuk basah hangat atau mandi air hangat, sesaat pada pasien berkulit gelap lebih sulit tampak.

Muncul tonjolan. Umumnya terdapat pada permukaan sendi, terlebih ruas jari, lutut, serta persendian kaki. Terkadang tonjolan diketemukan pada kulit kepala serta diatas rangkaian tulang belakang.

Tanda beda dari demam rematik, salah satunya nyeri perut, mimisan, demam dengan suhu diatas 39 °C dengan alur yg tidak ciri khas, rematik pada paru karna infeksi, dan anemia.

Penyembuhan

Perlakuan untuk penyakit jantung rematik tergantung dari type serta beratnya penyakit. Pada umumnya masalah, obat pengencer darah (aspirin) diberi untuk menghindar penyumbatan darah. Dokter umumnya juga memberi obat kelompok beta blocker untuk kembalikan peranan jantung, calcium channel blocker untuk turunkan desakan darah, dan digitalis untuk tingkatkan efisiensi kerja jantung.

Karna demam rematik adalah penyebabnya dari penyakit jantung rematik, penyembuhan yang paling baik adalah untuk menghindar kambuhnya kembali demam rematik. Antibiotik seperti penisilin serta yang lain umumnya bisa menyembuhkan infeksi dari bakteri Streptococcus serta hentikan manifestasi demam rematik. Jika Anda sempat terserang demam rematik, umumnya juga akan diberi therapy antibiotik dalam periode waktu yang panjang. Hal semacam ini untuk menghindar demam rematik muncul kembali serta kurangi resiko terserang penyakit jantung rematik.

Untuk kurangi tanda peradangan, umumnya dokter juga akan memberi aspirin serta obat anti peradangan. Therapy pembedahan bisa dikerjakan untuk melakukan perbaikan serta ganti katup jantung yang rusak.

Penyebab

Aspek-faktor penyebabnya dari penyakit jantung rematik mencakup :

Aspek keturunan

Seorang yang menderita demam rematik juga akan mewariskan penyakit yang sama pada keturunannya.

Aspek usia

Penyakit ini seringkali terkena anak-anak yang berumur 5-6 th., serta seringkali berlangsung pada anak umur 8 th..

Aspek gizi

Kondisi gizi dan gaya hidup ikut merubah terjangkitnya penyakit jantung rematik. Anak yang sehat dengan jasmani serta senantiasa mengaplikasikan gaya hidup sehat juga akan kebal pada penyakit ini.

Reaksi kebal badan

Beragam riset menyebutkan ada persamaan pada komponen yang ada pada dinding sel bakteri Streptococcus dengan komponen dalam katup jantung. Peluang, perihal ini pula yang mensupport terjadinya penyakit jantung rematik.