Home » Mesin » Tips Memilih Mesin Las Berkualitas

Tips Memilih Mesin Las Berkualitas

Teknikmart.com – Kegiatan mengelas adalah salah satu kebutuhan penting dalam bidang industrial. Terlebih bagi bidang industri yang menggunakan material utama berupa bahan logam, sebab dapat dipastikan bahwa penerapan mesin las sangat berguna untuk pengerjaan (penyambungan) material. Saat ini telah banyak sekali bermunculan berbagai macam mesin las.

mesin las

Akan tetapi, dengan banyaknya merk mesin las, Anda pun pasti akan merasa bingung mana mesin las yang seharusnya Anda pilih. Nah, agar Anda tidak salah pilih, sebaiknya sebelum membelinya Anda mengetahui tips memilih mesin las yang sesuai dengan keutuhan Anda. Jangan sampai salah pilih dan menyesal ya, sobat!

 

Jenis Jenis Mesin Las Listrik

  1. Mesin Las Ganda (AC DC).

Mesin ini adalah tipe yang paling umum diterapkan pada arus paralel (DC) dan arus bolak-balik (DC). Mesin ini memiliki transformator 1 frasa dan 1 buah alat perata pada 1 unit mesin.

  1. Mesin Las Arus Bolak-Balik (AC).

Mesin ini adalah tipe yang hanya dapat ditetapkan pada arus AC seperti listrik PLN dan generator AC.

  1. Mesin Las Arus Paralel (DC).

Mesin ini adalah tipe yang hanya dapat diterapkan pada arus DC atau arus paralel.

 

Tips Memilih Mesin Las

  1. Sesuaikan Budget

Pastikan Anda telah menyiapkan budget atau jumlah dana yang cukup, minimal jika Anda ingin membeli yang paling murah, maka Anda siapkan dana sekitar satu jutaan, sebab jika budget Anda kurang dari satu juta dijamin tidak akan ada, kecuali mesin trafo las listrik bekas dengan resiko tanpa garansi produk dan kualitas yang belum terjamin.

  1. Sesuaikan dengan Jenis Usaha

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin tersebut, maka Anda harus melihat kesesuaian antara mesin tersebut dengan pekerjaan Anda. Jika Anda sering melakukan pekerjaan berat dengan ketebalan lebih dari 10mm, pilihlah mesin dengan Mig350A ke atas, dan untuk ketebalan 5mm maka pilihlah Mig250 ke bawah.

  1. Sesuaikan dengan Kapasitas Produksi

Jumlah atau kapasitas produksi yang rendah bisa dikerjakan dengan cara manual, tetapi jika usaha yang Anda jalankan memiliki kapasitas tinggi maka harus beralih ke mesin yang otomatis karena lebih praktis.

4. Sesuasikan dengan Daya Listrik Rumah atau Tempat Usaha Anda

Sering kali kita tidak dapat melihat konsumsi daya mesin yang kita beli, sehingga mesin tidak dapat digunakan karena daya listrik tak memadai. Sebelum Anda membeli mesin ini, maka pastikan daya listrik mesin lebih kecil dari daya listrik di rumah ataupun tempat usaha Anda.

5. Pastikan Memiliki Garansi

Hal ini tidak kalah penting, sebelum Anda membeli mesin ini pastikan ada garansi dari pabrikan ataupun penjualnya. Jangan sampai ganggguan mesin akan menghambat aktivitas pekerjaan  Anda.

Ada banyak sekali penjual-penjual mengiming-imingi garansi yang begitu menggiurkan tetapu sering kali harus membawa mesin tersebut ke kantor pusat untuk di service sehingga Anda harus menunggu lama apabila terdapat kerusakan pada mesin.

Pilih mesin las yang penjualnya memberikan jaminan perbaikan di tempatnya, walupun mesin harus dibawa maka jangan biarkan lebih dari tiga hari serta pihak penjual mau menyediakan mesin penggantinya hingga mesin Anda selesai diperbaiki.