Ketahui Tentang Kejernihan Berlian?

Kejernihan berlian adalah ukuran kekurangan yang ditemukan di dalam dan di luar berlian. Nah sebelum anda lebih paham tentang kejernihan berlian, sebaiknya anda cari informasi tentang Bali Silver.

Semakin sedikit cacat berlian, semakin banyak nilainya dan semakin tinggi label harganya. Ada sangat sedikit berlian yang dapat dikategorikan tidak memiliki cacat sama sekali, namun sebagian besar cacat berlian tidak dapat dilihat tanpa perbesaran minimal 10 kali.

Karena masalah dengan kejernihan berlian sering tidak terdeteksi saat melihat berlian, beberapa orang menganggap ini sebagai salah satu perhatian mereka saat memilih berlian untuk dibeli.

Bagaimana Tingkat Kejernihan Berlian Ditentukan?

Pengukuran kejernihan berlian yang paling terkenal dilakukan oleh Gemological Institute of America (GIA). Ini memberi peringkat berlian berdasarkan sistem penilaian yang dibuatnya yang berkisar dari berlian tanpa cacat, hingga berlian yang tidak sempurna, dengan banyak rentang nilai yang berbeda di antaranya. Semakin baik peringkat kejelasannya, semakin mahal harga jual berlian karena memiliki nilai lebih.

Jenis Penyertaan yang Mempengaruhi Kejernihan Berlian

Inklusi adalah kekurangan yang mempengaruhi kejelasan berlian. Mereka membuatnya agar berlian tidak “sempurna”, dan ada ketidaksempurnaan visual di dalam batu permata. Namun, sebagian besar kekurangan tidak terlihat dengan mata telanjang dan hanya dapat dilihat di bawah perbesaran tingkat tinggi.

Ada banyak nama untuk inklusi yang paling umum. Karbon mempengaruhi kejernihan berlian karena mereka adalah titik hitam yang sangat kecil yang ditemukan di permukaan berlian, yang mungkin atau mungkin tidak terlihat dalam pencahayaan biasa.

Beberapa mungkin sangat kecil sehingga Anda perlu perbesaran untuk melihatnya. Titik-titik mempengaruhi kejernihan berlian karena mereka adalah titik-titik putih di sepanjang permukaan berlian. Pinpoints adalah yang paling umum dari semua kekurangan berlian. Awan mempengaruhi kejernihan berlian karena menyebabkan apa yang tampak seperti area berawan di dalam batu permata.

Awan sebenarnya terdiri dari banyak pertumbuhan kristal yang diposisikan sangat berdekatan di dalam berlian, dan kedekatannya satu sama lain menyebabkan munculnya kekeruhan. Bulu mempengaruhi kejernihan berlian dengan menyebabkan retakan terbentuk di dalam berlian, yang terlihat mirip dengan pecahan kaca.

Peningkatan Kejernihan.

Cacat kejernihan berlian seringkali dapat diperbaiki atau dikurangi dengan menggunakan berbagai perawatan peningkatan kejernihan. Beberapa berlian dicat, beberapa dilaser untuk menghilangkan titik-titik dan karbon, dan beberapa berlian menjalani proses di mana lubang-lubang kecil dibor ke dalam berlian untuk mencapai area inklusi di dalam batu permata, dan kemudian retakan diisi dengan kaca cair.

Penyempurnaan yang dilakukan untuk meningkatkan kejernihan berlian menurunkan nilai keseluruhan berlian, tetapi dapat meningkatkan penampilannya. Sertifikat berlian harus menunjukkan bahwa peningkatan telah dilakukan pada berlian, jadi mintalah untuk melihat dokumentasi sebelum melakukan pembelian.

Sementara sebagian besar peningkatan hanya menyebabkan berlian terlihat lebih bagus, beberapa sebenarnya dapat menyebabkan berlian menjadi lebih lemah, dan lebih rentan pecah daripada berlian yang tidak dirawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *