Home » Pendidikan » 7 Cara Memilih Universitas Terbaik

7 Cara Memilih Universitas Terbaik

Semua orang pasti memiliki harapan untuk bisa sekolah hingga perguruan tinggi dan mencapai cita-citanya, kan? Banyak orang di Indonesia memilih untuk kuliah ke luar daerah guna mewujudkan impiannya. Salah satunya, adalah dengan kuliah di Malang. Ada banyak universitas yang ada di Malang yang terbaik. Namun, ini tips memilih agar dapat yang paling baik!

1. Pastikan Kamu Memilih Jurusan yang Tepat

Sebelum kamu memilih mau masuk universitas mana, pastikan dulu kamu sudah memilih jurusan yang tepat dengan passion-mu. Hal ini sangat penting sebab nantinya kamu sendiri yang akan menjalani 4 tahun masa perkuliahan.
Jika ragu dengan pilihan jurusan yang diambil, ada baiknya kamu baca berbagai hal yang berkaitan dengan jurusan yang dipilih. Kalau perlu, mintalah rekomendasi dari orang terdekat yang paham dan kamu percaya. Misalnya saja, guru, keluarga dan sahabatmu.

2. Periksa Peringkat Universitas yang Dituju

Setelah kamu yakin dengan pilihan jurusannya, periksalah peringkat universitas yang kamu tuju. Pilihlah universitas terbaik dengan peringkat tinggi dari lembaga yang kredibel dan jangan lupa juga untuk melihat akreditasi jurusan yang kamu ambil di universitas tersebut. Sebab, akreditasi ini menentukan kualitas pengajar dan lulusan dari jurusan itu.

3. Buat Perbandingan Antar Universitas

Namun, bila kamu masih belum tahu akan kuliah di universitas mana meski jurusan sudah ditentukan, coba buat perbandingan antar universitas yang memiliki jurusan yang kamu pilih. Kamu bisa mencari saran dari konselor yang ada di sekolah atau melalui forum daring. Carilah info sebanyak mungkin untuk bisa membandingkannya.

4. Kualitas Perpustakaan

Jika kamu sudah menentukan, cobalah untuk lihat kualitas perpustakaannya juga. Ingat, seorang mahasiswa pasti akan menghabiskan waktu yang cukup banyak guna mempelajari materi dan memahaminya, kan? Jadi, sudah pasti perpustakaan akan sangat membantu. Pilihlah universitas dengan perpustakaan yang mendukung proses belajar.

5. Akomodasi yang Diperlukan

Tak hanya perihal universitasnya saja, kamu juga harus mempertimbangkan dirimu ketika memilih universitas Malang yang terbaik. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah akomodasinya. Hal ini sangat penting terlebih bila kamu adalah mahasiswa yang berasal dari luar daerah.
Pastikan kamu mengetahui transportasi apa yang bisa digunakan untuk sampai ke kampus. Ketahui juga perkiraan biaya hidup selama sebulan, sewa tempat tinggal dan lain sebagainya agar kamu bisa bertahan hidup.

6. Lihat Jajaran Alumninya

Meski hal ini tak bisa jadi tolak ukur utama karena setiap orang berbeda-beda, tapi tak ada salahnya kamu memperhatikan universitas yang akan dipilih dari jajaran alumninya. Alumni ini adalah produk nyata dari almamater universitas tersebut. Semakin banyak alumni yang berhasil dan menduduki posisi penting, maka kredibilitas kampus tersebut akan meningkat.

7. Komunitas di Dalam Kampus

Cobalah juga untuk lihat komunitas yang ada di kampus tersebut. Komunitas ini adalah tempat yang tepat untukmu mencari orang dengan latar belakang sama atau minat dan ketertarikan yang sama. Dengan begini, kam bisa memiliki teman dan melakukan berbagai hal yang kamu sukai.
Dengan kata lain, dengan ikut bergabung di komunitas yang sesuai dengan passion-mu, kamu tak akan pusing karena dijejali dengan pelajaran semata. Selain itu, memiliki komunitas dan lingkungan sosial yang bagus di kampus juga bisa membuatmu belajar mengembangkan keterampilan sosial yang lebih baik.
Itulah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih universitas terbaik di Malang. Di Malang, ada banyak sekali universitas yang bisa kamu pilih. Manapun universitas Malang tersebut, kamu harus memilihnya sesuai minat dan bakat. Jangan hanya ikut-ikutan saja!