Home » Uncategorized » 7 Tips Dalam Memilih Font keren

7 Tips Dalam Memilih Font keren

Saat menggarap sebuah karya, proses memilih font keren adalah sebuah etape yang tidak sulit tetapi kerap kali memakan waktu. Hal tersebut disebabkan tidak sedikit pertimbangan ketika kita menilai jenis font yang tepat guna desain kita, terlebih lagi dengan semakin banyaknya website yang menyediakan font cuma-cuma di internet sana. Karenanya, berikut ini adalah sejumlah tips dalam memilih font yang bisa diterapkan untuk masing-masing karya yang kita buat.

  1. Tentukan Karakter Yang Ingin Dibangun Saat Memilih Font

Hal kesatu yang bisa Anda kerjakan dalam memilih font ialah menilai karakter dari desain yang sedang kita kerjakan, apakah tersebut bergaya friendly, cerdas, atau elegan. Hal tersebut dapat ditolong dengan memakai mood board yang diberi batas antara 3 hingga 5 style yang bisa dipilih nantinya. Desain yang friendly lebih bisa diwakili dengan font yang membulat (rounded), sedangkan desain yang elegan seringkali menggunakan font yang kaku dan huruf kapital (full caps).

  1. Seimbangkan Antara Gaya Visual dan Pesan Di dalamnya

Pilihan font mesti dapat menyesuaikan antara gaya visual yang dipunyai font tersebut dengan isi pesan yang hendak disampaikan. Pastikan kita tidak memakai font yang “bermain-main” guna pesan yang formal dan serius, dan pun tidak memakai font klasik pada desain yang hendak menyampaikan nuansa futuristik.

  1. Pikirkan Fungsinya

Selain format dan tampilan, dalam mendesain kita pun perlu memikirkan kegunaannya itu sendiri. Ada jenis font yang dapat membantu memenuhi desain kita yang kosong atau minimalis, sedangkan ada pun font yang tidak menambah corak visual secara signifikan, sampai-sampai tidak mengganggu ilustrasi atau potret yang tampil bersamanya.

  1. Penyajian Font

Di era digital  ini, font yang unik sekalipun bisa disajikan secara online bila font itu mempunyai versi web font-nya. Bagi Anda yang mengharapkan pemakaian font secara seragam antara versi cetak dan online, maka kita perlu menemukan jenis font yang menyediakan versi desktop sekaligus webnya. Jenis font layakanya itu dapat Anda dapatkan di layanan Google Fonts dan Adobe Typekit.

  1. Ikuti Tren dan Perkembangan

Sebagai seorang desainer, kita perlu mengikuti  tren dan pertumbuhan yang ada. Follow sebanyak-banyaknya akun media sosial kepunyaan produsen font populer layaknya Dalton Maag, Monotype, Hoefler & Co, Font Bureau dan Commercial Type ikuti hashtag berbau tipografi. Anda pun dapat mendatangi situs atau blog yang membicarakan masalah tipografi.

  1. Uji Coba Yang Mendalam

Agar font yang Anda pakai benar-benar relevan dengan desain yang kita buat, tidak terdapat salahnya andai Anda mengerjakan percobaan yang teliti dan mendalam dengan menggabungkan  ukuran sampai spacing di dalamnya. Coba seluruh ketebalan huruf yang dapat digunakan, lalu simaklah pengaruhnya terhadap desain Anda.

  1. Pasangkan Secara Bijak

Pada desain yang memakai lebih dari satu huruf, mulailah dengan meyakinkan tujuan yang hendak dicapai. Apakah Anda mengharapkan harmoni atau malah perbedaan yang tegas (contrast) di antaranya? Berhati-hatilah dalam memadukan sebanyak jenis font, pastikan kesemuanya tersebut mempunyai perannya masing-masing, tidak saling mengganggu dan pun tidak terlampau serupa.

Itu tadi adalah 7 tips dalam memilih font yang berkualitas untuk mempercantik design-mu. Jangan lupa untuk tetap semangat dalam berexperiment karena jumlah font yang tersedia di internet (berbayar atau gratis) sangat banyak sekali jumlahnya. Percobaan-demi percobaan itu lah yang pada akhirnya akan melatihmu untuk menjadi designer handal. Semoga bermanfaat!