Home » Bisnis » 8 Atribut dari Rencana Bisnis yang Menang

8 Atribut dari Rencana Bisnis yang Menang

Secara umum dipahami bahwa rencana bisnis itu penting, tetapi hanya sedikit orang yang benar-benar tahu apa yang harus dimasukkan untuk membuat rencana bisnis yang efektif. Daripada mengandalkan trial and error yang dapat membebani dukungan dan pendanaan startup Anda, berikut adalah elemen-elemen penting dari rencana jualan online yang unggul.

1. Rencana bisnis Anda harus profesional dan secara tata bahasa benar

Rencana bisnis adalah kesan pertama yang dimiliki sebagian besar investor dan penyokong bisnis Anda, dan Anda ingin mengedepankan yang terbaik dengan memastikan rencana Anda terlihat rapi, profesional, dan menggunakan tata bahasa dengan benar.

2. Rencana bisnis Anda harus terorganisir dengan baik dan ramah pengguna

Buat semudah mungkin agar rencana Anda dipahami dengan mengorganisirnya dengan baik sehingga menceritakan kisah yang menarik. Salah satu cara untuk menguji keramahan pengguna adalah memiliki seseorang yang Anda percayai untuk membacanya dan memberikan umpan balik sebelum Anda menyajikannya kepada calon investor atau mitra.

3. Rencana bisnis Anda harus menunjukkan bagaimana bisnis menyelesaikan masalah nyata dengan cara yang unik

Tidak semuanya adalah masalah nyata yang menuntut solusi yang dapat dipasarkan. Jika Anda tidak memiliki masalah nyata dan solusi unik, Anda tidak memiliki bisnis yang layak. Terus mengutak-atik sampai Anda mendapatkan yang benar ini. Pemasar menyebutnya  proposisi nilai yang unik  dan akan sangat penting untuk membujuk investor dan pendukung.

4. Rencana bisnis Anda mencakup analisis pasar dan strategi pemasaran

Analisis pasar Anda harus menunjukkan pemahaman yang kuat tentang target pasar yang realistis  . Strategi pemasaran Anda   harus mencakup cara hemat biaya untuk mendapatkan proposisi nilai Anda di depan calon pembeli di antara target pasar Anda.

5. Rencana bisnis Anda mencakup tujuan dan tonggak

Sasaran menunjukkan visi Anda untuk menjadi apa bisnis itu nantinya, dan tonggak pencapaian menunjukkan kerangka waktu Anda untuk sampai ke sana. Investor dan mitra ingin melihat keduanya. Tulislah secara meyakinkan sehingga mereka akan menangkap antusiasme Anda terhadap rencana Anda.

6. Rencana bisnis Anda realistis tentang pesaing

Mengatakan bahwa bisnis Anda “tidak memiliki persaingan” tidak realistis dan tidak akan terbang dengan investor atau mitra yang cerdas. Semua bisnis memiliki persaingan, dan tugas Anda adalah mengenali bisnis Anda, bahkan jika Anda berharap untuk mengeluarkannya dari air. Bisnis yang benar-benar tidak memiliki persaingan sebenarnya  bukan hal yang baik  – ini menunjukkan bahwa mungkin tidak ada pasar untuk produk dan / atau layanan Anda.

7. Siapkan ringkasan eksekutif yang meyakinkan

Jika halaman pertama dari rencana tidak mengaitkan pembaca, kemungkinan sisa dari rencana tidak akan pernah dibaca. Anda harus segera membuat kasus yang meyakinkan tanpa membuat sensasional atau menggunakan superlatif.

8. Rencana bisnis Anda memiliki proyeksi keuangan yang realistis

Investor yang berpengalaman akan melihat melalui proyeksi yang cerah, jadi sedapat mungkin realistis tentang biaya dan pendapatan.

Membuat daftar barang untuk dimasukkan ke dalam rencana bisnis modal kecil Anda cukup mudah, tetapi sebenarnya  menulis rencana bisnis yang menarik  membutuhkan keahlian untuk menyatukan kata-kata yang tidak semua pengusaha rasakan. Jika Anda perlu bantuan menyusun rencana bisnis yang unggul, buka Cayenne Consulting untuk keahlian yang dapat membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya. Hubungi kami  untuk informasi lebih lanjut.