Home » Uncategorized » Apa yang Harus Dilakukan Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Asing?

Apa yang Harus Dilakukan Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Asing?

Setelah sekian lama belajar bahasa asing, terkadang kita melupakan materi lama karena terlalu fokus dengan materi yang sedang dipelajari. Lalu, bagaimana caranya agar kita tidak melupakan materi bahasa asing yang sudah dipelajari namun masih bisa melanjutkan pelajaran dengan materi baru? Berikut cara agar tidak lupa bahasa asing:

Ubah pola pikirmu karena belajar bahasa asing adalah proses seumur hidup

Kebanyakan orang lupa bahasa yang mereka pelajari karena mereka tidak lagi menggunakan atau mempelajarinya. Salah satu cara paling sederhana untuk mencegah hal ini adalah dengan mempertimbangkan belajar bahasa sebagai proses seumur hidup dan bukan program studi jangka terbatas.

Dengan mengingat hal ini, jangan menyerah pada rutinitas belajar kamu. Baik kamu sedang membangun kosakata baru atau mengerjakan aturan tata bahasa yang rumit, teruslah belajar. Bahkan pembicara yang fasih tidak tahu semua kosakata, jadi selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari.

Forum Diskusi

Forum diskusi merupakan salah satu cara paling efektif untuk memperlancar kemampuan bahasa asing. Kamu bisa mencari channel bahasa asing di aplikasi Discord atau Reddit. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cakap karena aplikasi tersebut memiliki fitur Cakap Live di mana kamu dapat mendiskusikan tema tertentu dengan orang lain dan didampingi oleh pengajar bahasa asing profesional sehingga informasi terkait bahasa asing yang kamu dapatkan pun terjamin.

Pertahankan jadwal yang ditetapkan dan kapan harus menggunakan bahasa yang dipelajari

Jika kamu tidak lagi mempelajari bahasa secara aktif, salah satu alasan utama kamu melupakan bahasa tersebut adalah kurangnya eksposur. Mempertahankan jadwal yang ditetapkan kapan harus menggunakan bahasa tersebut akan membantu menjaganya tetap segar dalam pikiran kamu.

Misalnya, pada hari Sabtu, kamu bisa pergi ke toko kelontong atau restoran tempat penutur asli bahasa yang kamu pelajari berkumpul. Atau bisa juga dengan menyediakan hari tertentu untuk menonton film dalam bahasa yang sedang kamu pelajari.

Tetapkan tujuan spesifik untuk terus meningkatkan keterampilanmu

Menetapkan tujuan spesifik akan membantu memotivasi kamu untuk terus meningkatkan keterampilan dengan memberimu tujuan yang jelas.

Misalnya, kamu dapat mencoba mempelajari 20 kata kosakata baru per minggu, membaca satu buku sebulan dalam bahasa target kamu atau menghabiskan 10 menit sehari mempelajari bahasa tersebut.

Meminta bantuan tutor bahasa asing sebagai rekan berlatih

Apa yang kamu lakukan ketika kamu tidak yakin apakah keterampilan yang dimiliki mengalami kemunduran atau tidak? Seandainya kemampuanmu mengalami kemunduran, apa yang harus kamu lakukan?

Menyewa tutor dapat membantu untuk kedua masalah ini. Kamu dapat menyewa tutor online melalui layanan seperti Cakap.com dan sebagian besar tutor akan membantu kamu dengan bahasa yang kamu pelajari.

 

Baca Juga: