Home » Uncategorized » Beberapa Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering Selain Menggunakan Shampoo Untuk Rambut Kering

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering Selain Menggunakan Shampoo Untuk Rambut Kering

Salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan adalah rambut. Oleh karena itu sangat penting untuk kamu selalu menjaga kesehatan rambut supaya senantiasa indah dan mudah diatur. Rambut ini sama saja dengan kulit wajah, dimana rambut ini memiliki jenis yang berbeda beda, dan salah satunya adalah rambut kering. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering seperti faktor lingkungan, cara keramas yang salah, alat styling penghantar panas, menggunakan pewarna rambut, kurangny asupan air putih, dan kurang nutrisi. Setelah mengetahui penyebab rambut kering maka saatnya mencari cara untuk mengatasi rambut kering. Menggunakan shampoo untuk rambut kering adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah rambut kering yang dialami.

Padahal selain menggunakan shampoo khusus rambut kering, masih ada beberapa cara mudah lainnya seperti :

  • Memilih Bahan Yang Tepat

Untuk merawat rambut kering kamu harus memperhatikan bahan yang ada pada sebuah produk rambut yang digunakan. Untuk rambut kering ini diperlukannya produk yang mengandung bahan pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau juga minyak kelapa. Dimana bahan bahan tersebut memiliki kemampuan untuk tetap menjaga kelembapan pada rambut dan juga menutrisi rambut.

  • Menghindari Bahan Yang Dapat Memicu Rambut Menjadi Semakin Kering

Pemilik rambut kering harus menghindari produk rambut yang mengandung alkohol dan silicon. Pasalnya silicon dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi. Hindari juga produk yang mengandung sulfat karena dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering karena minyak alami pada kulit kepala dan rambut telah hilang. Sebaiknya kamu menggunakan produk rambut yang mengandung bahan organic dan pastinya rambut yang kering akan terawat karena didalamnya adanya kandungan pelembap.

  • Menghindari Mencuci Rambut Yang Terlalu Sering

Rambut yang kering juga dapat diatasi dengan cara tidak mencuci rambut setiap hari. Karena jika terlalu sering mencuci rambut maka dapat menyebabkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut hilang. Hal ini justru akan menyebabkan rambut semakin kering dan bahkan menjadi rapuh. Supaya rambut tidak semakin kering maka sebaiknya kamu mencuci rambut setiap 2 hingga 3 hari sekali, hal ini tentunya untuk mempertahankan minyak alami rambut.

  • Menggunakan Masker Rambut

Tujuan dari digunakannya masker rambut ini adalah supaya rambut yang kasar menjadi lembut dan juga supaya kelembapannya bertambah. Sebaiknya kamu menggunakan masker rambut ini setidaknya 1 hingga 2 kali didalam seminggu. Cara menggunakannya sangatlah mudah yaitu cukup dengan mengaplikasikan masker ke rambut setelah dikeramas. Kemudian masker diratakan keseluruh rambut lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

  • Menggunakan Shampoo Dan Kondisioner Dengan Benar

Untuk mengatasi rambut kering juga kamu harus menggunakan dengan benar shampoo dan kondisioner. Pada saat kamu menggunakan shampoo maka cara benar menggunakannya adalah dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan yang pertama dan kedua. Dan pastikan kamu menggunakannya hanya pada bagian akar rambutnya saja. Hal tersebut dikarenaka minyak pada rambut akan terkonsentrasi disana. Dan pada saat menggunakan kondisioner gunakanlah pada ujung rambut dan hindari pangkal rambut, karena nantinya akar rambut akan menjadi berminyak.

Selain itu masih ada cara mudah lainnya yaitu dengan memotong ujung rambut secara rutin sehingga akan dihasilkannya tampilan rambut yang lebih sehat.