Home » Kuliner » Cara Alternatif Yang Bisa Ditembuh Jika Sulit Menemukan Kaldu Bubuk Non MSG

Cara Alternatif Yang Bisa Ditembuh Jika Sulit Menemukan Kaldu Bubuk Non MSG

Kaldu merupakan penyedap masakan yang terbuat dari sari tulang, daging atau sayura yang diperoleh melalui proses perebusan dalam jangka waktu tertentu. Dengan berkembangnya teknologi pada zaman ini. Kaldu dapat ditemukan dalam bentuk serbuk halus atau dikenal dengan kaldu bubuk atau penyedap instan. Munculnya kaldu bubuk diakibatkan adanya permintaan banyak terhadap kebutuhan makanan siap saji yang menjadi tren masyarakat pada zaman ini. Mereka memerlukan kaldu yang praktis dan instan karena untuk membuat kaldu murni akan membuntuhkan waktu yang tidak sedikit. Kaldu bubuk dapat ditemukan di warung, pasar, atau situs jual beli during. Selain itu, dampak dari perkembangan teknologi yang berdampak pada kaldu instan, ialah munculnya MSG atau dikenal dengan monosodium glutamat. Bahkan generasi muda saat ini lebih menyukai zat tersebut karena dapat memberi rasa gurih pada makanan dan makanan menjadi lebih enak untuk disantap.

Namun kemunculan MSG menimbulkan perdebatan yang membahas tentang keamanan penggunaan zat tersebut. Hal tersebut membuat sebagian orang memilih untuk menghindar dari mengonsumsi kaldu bubuk dengan MSG dan beralih menggunakan kaldu bubuk non MSG. Karena mereka mempertimbangkan dampak yang akan muncul ketika berlebihan dalam menggunakan kaldu bubuk dengan campuran MSG. Walaupun MSG bukan menjadi bahan utama sebuah kaldu, MSG dapat memberikan rasa nikmat tersendiri pada sebuah masakan. Tak heran ada sebagian orang yang tetap menggunakan MSG dengan catatan tidak berlebihan dalam penggunaanya.

Kaldu jamur masuk ke dalam kaldu bubuk non MSG yang disarankan untuk menghidari penggunaan kaldu bubuk MSG. Cara ini merupakan salah satu cara diantara banyak cara yang akan kami bahas pada artikel ini. Kaldu jamur dapat ditemukan di pasaran dengan bentuk serbuk halus. Kaldu jamur berasal dari bahan dasar non hewani. Kaldu jamur memiliki fungsi yang sama sepert kaldu bubuk MSG. Kaldu jamur  tak kalah gurih dengan kaldu bubuk MSG. Tetapi kaldu jamur ini menjadi sebuah pantangan bagi orang yang menderita asam urat. Jika anda tidak memiliki masalah pada asam urat. Anda dapat menggunakan kaldu jamur untuk membuat masakan anda menjadi lebih nikmat dan enak disantap. Kaldu jamur memiliki kandungan gizi di dalamnya. Terdapat kandungan gizi semisal magnesium, kalsium, vitamin B12, vitamin D, vitamin C, protein, karbohidrat, kalium, selenium dan lemak tak jenuh. Oleh sebab itu, dengan ini kaldu jamur akan berdampaj baik pada tubuh kita. Salah satu manfaat dari kaldu jamur ialah dapat meningkatkan kualitas otak karena nutrisi yang terkandung dalam nutrisi kaldu jamur cukup lengkap dan kandungan asam aminonya dapat mengatasi kesulitan tidur.