Home » Uncategorized » Empat Service KPR BPJS Ketenagakerjaan Untuk Perumahan

Empat Service KPR BPJS Ketenagakerjaan Untuk Perumahan

KPR BPJS Ketenagakerjaan bermanfaat untuk memberi agunan sosial buat pesertanya membuat perlindungan serta menghadapi dari risiko sosial ekonomi lewat Agunan Kecelakaan Kerja (JKK), Agunan Kematian (JKM), Agunan Hari Tua (JHT), dan lain-lain.

Tidak hanya service itu, seperti yang sudah kita tahu, BPJS dapat dipakai dalam soal pembiayaan perumahan. Service ini sebetulnya telah ada lama, tapi kurang digunakan pesertanya. Tahun ini BPJS Ketenagakerjaan membagikan Rp 5 triliun yang diambil dari dana Agunan Hari Tua (JHT) untuk menolong pembiayaan 25.000 unit rumah pekerja.

Baca juga : Perumahan di Tangerang

Di bawah ini ialah empat service penambahan KPR BPJS Ketenagakerjaan

Utang Uang Muka Perumahan (PUMP)
Utang uang muka untuk orang yang alami kesulitan dalam beli rumah dengan Credit Kepemilikan Rumah (KPR) sebab tidak mempunyai uang muka yang disebut ketentuan beli rumah. Pertolongan ini diserahkan kepada warga berpendapatan rendah (MBR) dengan pendapatan dibawah Rp 4 juta atau dibawah UMP.
Credit Kepemilikan Rumah (KPR)
Ada dua type dalam pertolongan KPR oleh BPJS-TK, yakni subsidi serta non-subsidi. KPR subsidi diberi untuk rumah pada harga yang sesuai ketetapan pemerintah, dengan optimal pembiayaan KPR Utang Uang Muka (PUM) sampai 99% serta suku bunga sesuai dengan ketetapan pemerintah (sekarang ini 5%).  Sedang KPR non-subsidi diperuntukkan untuk rumah dengan harga optimal Rp 500 juta dengan optimal pembiayaan KPR sampai 90% serta suku bunga dari Bank Indonesia sebesar 3%
Credit Konstruksi (KK)
Service yang diperuntukkan untuk pembangunan rumah tapak dengan suku bunga dari BI rate margin bank
Utang Perbaikan Perumahan (PRP)
Utang optimal Rp 50 juta dengan tenor 10 tahun untuk service perbaikan rumah.