Home » Uncategorized » Inilah Faktor-faktor Pemicu Lampu LED H4 Mobil Mati

Inilah Faktor-faktor Pemicu Lampu LED H4 Mobil Mati

Berkendara di malam hari memang memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan pada siang hari, karena kondisi jalanan yang cukup gelap sehingga terkadang tidak bisa melihat secara jelas. Itulah mengapa kendaraan selalu dibekali dengan keberadaan lampu, ini termasuk komponen yang sangat vital dalam menunjang kenyamanan berkendara. Sehingga bisa digunakan sebagai penerangan jalanan sekitar dan juga memberikan kode kepada pengguna jalan lain sehingga bisa lebih aman. Lampu LED H4, termasuk produk lampu baru yang sangat digemari oleh masyarakat.

Dengan teknologi LED ini bisa memancarkan cahaya yang jauh lebih terang dibandingkan dengan lampu standard. Bahkan meskipun tingkat keterangannya sendiri tinggi, namun sebenarnya jika dilihat dari segi konsumsi dayanya juga sangatlah hemat. Bahkan usia pakai dari lampu LED ini terbilang sangatlah panjang dibandingkan dengan lampu-lampu pada umumnya, hal ini dikarenakan suhunya tidak mudah panas, jadi bisa dipakai untuk rentan waktu lama tanpa harus bolak-balik ganti dengan lampu yang baru.

Hanya saja mungkin ada beberapa kondisi yang menjadi pemicu lampu pada kendaraan Anda tiba-tiba padam, sebelum memutuskan untuk mengganti lampu yang lama dengan yang baru, maka paling tidak ketahui terlebih dahulu beberapa faktor yang memang sangat umum menyebabkan lampu mobil tersebut mati, diantaranya adalah :

  1. Sekring putus, hal yang paling umum menyebabkan lampu pada kendaraan Anda padam adalah dari bagian sekringnya, ketika sekring putus, maka secara otomatis komponen kelistrikan juga tidak bisa mengaliri lampu tersebut, akibatnya ia akan mati. Jangan khawatir karena jika seandainya masalah terjadi pada bagian yang satu ini sebenarnya masing bisa diatasi sendiri dengan mudah.
  2. Kabel dan juga bagian relay, relay sendiri adalah sebuah kotak yang fungsinya adalah menghubungkan sumber kelistrikan, jika terjadi masalah pada bagian kabel relay tersebut secara otomatis pasti akan membuat lampu tersebut padam atau mati. Cara mengatasinya adalah dengan menyambungkan kembali bagian kabel yang putus tersebut sehingga ada aliran arus listrik yang masuk dan lampu akan kembali menyala.
  3. Bohlam mati, karena faktor usianya yang sudah terlalu tua, juga pemakaian yang cukup lama menyebabkan kualitas bohlam juga sudah mulai menurun, hal inilah yang secara otomatis juga akan membuatnya mati. Sehingga harus segera diganti dengan yang baru, pastikan juga untuk mengganti dengan produk yang berkualitas agar lebih awet.
  4. Kualitas bohlam yang digunakan tersebut jelek, asal membeli lampu yang harganya murah, memang banyak diantara konsumen yang tidak mempertimbangkan kualitasnya, sehingga ketika digunakan juga kurang maksimal, akan jauh lebih mudah putus dan mati. Umumnya bohlam mobil yang bagus memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun pemakaiannya jauh lebih hemat daya dan juga awet, tidak perlu sering-sering ganti dengan yang baru.
  5. Terjadi tegangan kelistrikan yang kurang stabil, sistem kelistrikan yang tidak stabil bisa terjadi karena berbagai macam faktor, diantaranya adalah pemilihan spesifikasi bohlam yang tidak tepat sehingga antara arus yang masuk tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, juga karena kondisi aki yang sudah soak. Sehingga membuat lampu yang dipakai juga sering kali mati.

Jadi kenali terlebih dahulu penyebabnya sebelum melakukan perbaikan. Apalagi untuk lampu LED H4 ini sendiri di pasaran juga cukup banyak dijual dengan harga yang bervariatif, alangkah lebih baik pilih produk yang dikeluarkan dari merk berkualitas, meskipun agak mahal namun bagus. Toko online yang menjual berbagai aneka spare part dan aksesoris untuk mobil adalah Rumah Modifikasi.