Home » Kesehatan » Inilah Manfaat Buah Kola

Inilah Manfaat Buah Kola

Inilah Manfaat Buah Kola

Inilah Manfaat Buah Kola

Kola adalah tanaman asli yang tumbuh di rimba hujan tropis Afrika, serta termasuk juga dalam famili Malvaceae, subfamili Sterculioideae. Spesies ini kadang-kadang dikatakan sebagai pohon Kola atau kacang Kola, karna buahnya memiliki kandungan cafein.

Kandungan buah ini sudah di produksi serta seringkali dipakai jadi bahan penyedap minuman. Faedah buah kola tidak cuma sebatas minuman penyegar, namun sangat baik untuk kesehatan.

Buah kola sudah lama dipakai dalam kombinasi minuman enteng manis berkarbonasi serta dipakai jadi pewarna karamel. Yang kita rasakan pada minuman kola terbuat dari biji serta adalah kombinasi dari lemon, kayu manis, serta vanila. Merk minuman kola yang populer diantaranya yaitu Coca Cola serta Pepsi. Minuman kola paling banyak di produksi dari ekstraksi spesis Cola Acuminata (P. Beauv.) Schott et Endl. Spesis ini datang dari Afrika Barat serta lalu menyebar luas ke semua daerah tropis, termasuk juga Indonesia.

Menurut studi, tanaman ini berkaitan dengan genus Theobroma di Amerika Selatan, maupun tanaman kakao. Tanaman kola bisa tumbuh setinggi 20 mtr., dengan bentuk daun oval glossy memiliki ukuran sampai 30 cm. Tanda-tanda buah kola terlihat berupa bintang.

Tanaman kola begitu bermacam, paling tidak klasifikasi tanaman kola dari genus Malvaceae terbagi dalam 100 sampai 125 spesies. Spesis ini paling banyak tumbuh di rimba dataran rendah serta pegunungan hijau cemara Afrika. Kacang kola berbentuk biji polong umumnya dipanen dari spesies Cola Nitida serta Cola Acuminata. Sebagian spesies yang lain juga dibudidayakan untuk hasilkan kacang di Brasil, Jamaika, serta lokasi tropis beda yang lembab.

Faedah Buah Kola

Tanda-tanda buah kola terlihat kasar, berbintik-bintik serta panjangnya menjangkau 8 inci. Biji buah kola berwarna merah besar serta datar, umumnya dimaksud kacang Kola. Kandungan kimia biji kola terbagi dalam sekitaran 2% catechine-caffeine (colanine), kandungan alkaloid lebih tinggi (cafein). Jadi stimulan, antidepresif, diuretik, serta kardiotonik.

Kandungan senyawa kimia ini bisa tingkatkan dampak stimulasi yang begitu baik untuk kesehatan. Biji biasanya dipanggang, ditumbuk atau dikunyah. Dapat juga ditambahkan dalam minuman seperti teh, susu, sereal, serta bubur.