Home » Bisnis » Jenis Produk Reksadana yang Menguntungkan

Jenis Produk Reksadana yang Menguntungkan

Reksadana merupakan alternatif investasi dengan modal yang relatif kecil. Banyak masyarakat yang sudah berhasil meraup keuntungan dari produk reksadana. Ada beberapa jenis atau produk investasi ini seperti reksadana saham, obligasi, campuran, dan dana pasar uang.

Masing-masing produk tersebut memiliki cara pengelolaan dan pembagian keuntungan yang berbeda-beda.

Calon investor perlu keahlian dan ketelitian untuk memilih produk investasi reksadana apa yang paling cocok. Tentukan terlebih dulu tujuan investasi Anda, jangka pendek, menengah, atau jangka panjang.

Setelah itu, Anda bisa lebih mudah memilih beberapa produk investasi reksadana berikut.

Pilihan Produk Reksadana dan Cara Kerjanya

Jenis Produk Reksadana yang Menguntungkan

  • Saham

Investasi dengan produk ini menggunakan portfolio saham. Dokumen tersebut dikelola oleh manajer investasi atau MI. Selisih harga jual saham dan harga beli saham akan menjadi keuntungannya.

Produk ini biasanya hanya bisa digunakan oleh perusahaan yang memiliki badan hukum atau sudah tercatat di bursa efek. Produk ini tergolong aman karena diatur dan diawasi oleh OJK secara ketat.

Investor perlu mempelajari return dan risk dari produk investasi ini.

Bagi yang tertarik sebaiknya perhatikan tujuan dan review kinerja dari reksadana terkait. Produk ini sendiri tergolong investasi untuk tujuan jangka panjang dan memiliki return yang menjanjikan. 

Tingkat pengembalian dari reksadana saham termasuk yang paling tinggi dibandingkan jenis produk lainnya. 

  • Obligasi

Obligasi merupakan dokumen atau surat perjanjian hutang dan bisa digunakan untuk memanfaatkan dana pihak kedua atau investor.

Pihak yang dapat mengeluarkan obligasi antara lain adalah pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan.

Jenis obligasi yang ada di tanah air antara lain obligasi ritel, obligasi korporasi, dan obligasi pemerintah. Keuntungan bagi para investor yang menggunakan reksadana obligasi berasal dari bunga.

Suku bunga obligasi akan menentukan besaran keuntungan yang diperoleh. Reksadana pendapatan tetap ini umumnya memiliki return yang stabil.

  • Dana campuran

Reksadana campuran merupakan investasi yang ada di berbagai efek seperti obligasi, deposito, dan saham. Jenis produk ini cocok untuk Anda yang ingin memulai menjadi investor reksadana.

Reksadana campuran memang tidak terlalu populer dibandingkan produk lain, tetapi menjanjikan. Investor yang ingin menyetorkan dananya dan tertarik dengan produk ini harus memiliki investasi saham dan investasi obligasi. Jenis produk ini cocok untuk investor dengan tujuan jangka menengah panjang antara 3 sampai 5 tahun. Reksadana campuran relatif aman dengan kebijakan investasi yang cukup fleksibel.

Bagi pemula ada beberapa yang menyediakan produk ini dengan modal awal yang cukup rendah. Namun tetap harus berhati-hati sebelum Anda menginvestasikan uang Anda ke perusahaan reksadana. Jenis produk ini menawarkan return atau tingkat pengembalian yang relatif tinggi. 

  • Dana pasar uang

Reksadana pasar uang tergolong paling aman, tetapi dengan keuntungan yang lebih kecil dibandingkan reksadana lain. Produk yang satu ini juga disebut-sebut lebih menguntungkan dan lebih baik dari deposito.

Keunggulan dari reksadana pasar uang antara lain adalah keuntungan lebih tinggi dari deposito, jumlah investasi minimum lebih rendah, dan pengambilan dana investasi yang lebih fleksibel.

Reksadana pasar uang merupakan investasi tanpa jangka waktu.

Investor bisa dengan mudah mengambil dananya tanpa denda. Berbeda dengan deposito yang jika diambil sebelum jatuh tempo harus membayar denda. Umumnya produk ini adalah berupa reksadana dengan jangka waktu investasi kurang dari satu tahun. 

Itulah beberapa pilihan produk reksadana yang menawarkan keuntungan bagi para investor. Selain keuntungan, investor sebaiknya tetap paham dengan risiko berinvestasi di reksadana.