Home » Bisnis » Kram Kaki Selama Kehamilan

Kram Kaki Selama Kehamilan

Kram kaki adalah pengetatan otot secara tiba-tiba, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat. Tidak jarang mengalami kram kaki selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Menurut Obstetri dan Ginekologi Danforth, hampir setengah dari semua wanita hamil menderita kejang otot di betis mereka, dengan kram lebih sering pada malam hari.

Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa wanita mengalami peningkatan kram kaki selama kehamilan. Spekulasi adalah bahwa otot-otot kaki Anda lelah dan stres karena membawa beban ekstra. Saat Anda menambah berat badan, kram kaki Anda mungkin Cara Menghindari Kram Kaki meningkat. Ini juga bisa disebabkan oleh tekanan dari bayi yang sedang tumbuh dan rahim yang membesar ditempatkan pada saraf dan pembuluh darah yang menuju ke kaki Anda. Ada beberapa spekulasi bahwa terlalu sedikit kalsium dapat menyebabkan kram kaki. Tidak ada studi bagus yang mendukung teori-teori ini saat ini. Namun, ada baiknya meningkatkan asupan kalsium selama kehamilan. Nutrisi ini penting untuk perkembangan bayi Anda dan membantu menjaga tulang Anda kuat dan sehat.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati kram kaki atau mencegahnya terjadi. Cobalah satu atau lebih dari intervensi berikut untuk membantu meringankan atau mencegah kram kaki Anda.

Untuk mencoba dan mencegah kram kaki Anda dapat mengambil tindakan pencegahan ini:

* Hindari berdiri atau duduk dengan kaki bersilang untuk waktu yang lama karena dapat membatasi aliran darah Anda.

* Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu merilekskan otot Anda.

* Regangkan otot betis dan kaki Anda beberapa kali sehari, terutama sebelum tidur. (Hindari menunjuk jari kaki Anda)

* Putar pergelangan kaki Anda dan goyangkan jari-jari kaki Anda saat Anda duduk untuk meningkatkan sirkulasi.

* Jika dokter Anda mengizinkannya, cobalah berjalan-jalan setiap hari.

* Berbaringlah di sisi kiri Anda untuk meningkatkan sirkulasi Anda.

* Tinggikan kaki Anda jika memungkinkan.

* Kenakan stoking yang mendukung.

* Minum banyak air agar tetap terhidrasi.

* Magnesium telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kram kaki. Jika dokter Anda mengizinkannya, minumlah suplemen sebagai tambahan vitamin prenatal Anda.

Berikut beberapa tips untuk meredakan kram kaki:

Jika, terlepas dari semua tindakan pencegahan Anda, Anda memang mengalami kram kaki, Anda harus segera meluruskan kaki, tumit terlebih dahulu, dan perlahan-lahan kencangkan kembali jari-jari kaki ke arah tulang kering. Jika seseorang bersama Anda, minta mereka memijat otot yang kram. Ini mungkin menyakitkan pada awalnya, tetapi akan meredakan pengobatan hnp tanpa operasi kejang dan rasa sakit secara bertahap akan hilang. Menghangatkan otot dengan handuk hangat atau botol air panas atau bantal pemanas dapat membantu meredakan kram. Anda juga bisa mencoba berjalan-jalan, atau berdiri di permukaan yang dingin. Beberapa wanita telah menemukan bahwa Tylenol atau Acetaminophen sangat membantu dalam menghilangkan rasa sakit.

Kram kaki biasanya hilang dengan sendirinya tanpa perawatan medis. Tetapi jika nyeri otot Anda konstan dan bukan hanya kram sesekali – atau jika Anda melihat adanya kemerahan, kehangatan, pembengkakan atau nyeri di kaki Anda, Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda.